Kebutuhan Pokok Mulai Beranjak Naik

Pasar Bogor|Kotahujan.com-Menjelang hari Natal dan tahun baru, sejumlah barang kebutuhan pokok di pasar Bogor Kamis (9/12) mulai mengalami kenaikan. Kenaikan harga ini dialami oleh beberapa jenis kebutuhan pokok seperti minyak goreng, cabe merah, cabe rawit, dan bawang.

Abdul, salah satu pedagang di pasar Bogor mengatakan kenaikan harga saat ini lebih kepada kenaikan bahan dasar bumbu masakan seperti kemiri dan bawang. Kenaikan ini bersifat kontinyu dengan kelipatan Rp.500,-. Abdul juga menambahkan kenaikan harga yang terjadi sekarang ini diakibatkan kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Kota Bogor yang sering diguyur hujan menyebabkan beberapa hasil pertanian rusak dan cepat busuk sehingga menimbulkan kenaikkan harga jual.

Sedangkan harga minyak goreng yang tadinya Rp.10.000,- naik menjadi Rp.11.000,-.

“Kenaikan harga cabe merah dan cabe rawit sekitar 70% dan untuk sayur mayur, mengalami kenaikan sebesar 20%. Cabe merah yang harga dasar Rp.20.000,- per kilogram dapat melejit naik hingga Rp.50.000,- per kilogram”, tutur Rizky pedagang sayur-mayur di pasar Bogor.

Berbeda dengan sayur-mayur, minyak goreng, dan bahan dasar bumbu, harga ayam potong belum menampakan tanda-tanda lonjakan harga. Menurut Sumarno pedagang ayam potong di pasar Bogor, saat ini harga jual ayam potong masih sekitar Rp.21.000,-. Keadaan ini akan berubah menjelang lima hari sebelum hari Natal hingga tahun baru 2011 nanti, harga ayam potong akan diperkirakan naik hingga 5%, sehingga harga jual ayam potong mencapai Rp.28.000,- sampai Rp.30.000,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: