Pekan Ilmiah Kehutanan Nasional (PIKNAS) ke-5 Segera Digelar

IPB Dramaga│Kotahujan.com-Kegiatan peningkatan rasa kepedulian terhadap hutan (kehutanan) Indonesia kini semakin bergema, seperti yang dilakukan lembaga-lembaga kemahasiswaan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor yang tergabung dalam PC Sylva Indonesia cabang Bogor yang menggelar Pekan Ilmiah Kehutanan Nasional (PIKNAS) ke-5. PIKNAS merupakan suatu kegiatan yang digarap secara bersama-sama oleh lembaga kemahasiswaan yang ada di Fakultas Kehutanan IPB. Kegiatan ini dilangsungkan dengan tujuan untuk memberi pengetahuan dan keilmuan di bidang kehutanan dan menjalin silahturahmi antar masyarakat kehutanan, demikian penuturan Muhamad Iftor selaku ketua panitia PIKNAS ke-5.

Pekan Ilmiah Kehutanan Nasional diadakan setiap dua tahun sekali, untuk tahun ini akan diadakan pada 7 Desember hingga 12 Desember nanti. Rangkaian kegiatan ini akan dilangsungkan di dua tempat yakni kampus IPB Darmaga pada tanggal 7 Desember hingga 9 Desember dan Hutan Pendidikan Gunung Walat-Sukabumi pada tanggal 10 Desember hingga 12 Desember.

Bentuk kegiatan yang dilakukan di kampus IPB Darmaga yaitu pada 7 Desember berupa Symposium Nasional. Sedangkan 8 Desmber diadakan diskusi tentang hutan rakyat yang dilanjutkan degan lomba cipta lagu dan puisi yang bertemakan kehutanan. Malam harinya akan dilakukan pengamatan herpetofauna. Selanjutnya kamis 9 Desember akan dilakukan pengamatan burung dan mamalia.

Untuk kegiatan yang akan dilakukan di Hutan pendidikan Gunung Walat antara lain penelusuran gua, seminar akustik kayu dan diskusi tetang pengembangan pola hutan (11/12). Sedangkan keesokan harinya (12/12) diadakan seminar agroforestri, pelatihan panjat pohon (tree climbing training) yang nantinya akan dilanjutkan dengan penutupan serangkaian PIKNAS ke-5 tahun 2010.

PIKNAS ke-5 tahun ini melibatkan beberapa komponen seperti Kementrian Kehutanan RI, jajaran eksekutif Hutan Pendidikan Gunung Walat, dosen, Himpunan Mahasiswa, dan masyarakat sekitar hutan.

“Harapan saya semua elemen ang turut campur tangan dalam kegiatan ini, dapat merasa puas dan mendapatkan manfaat yang banyak dari bidang keilmuan dan keakraban serta pengetahuan merekan pun juga bertambah di bidang kehutanan sehingga rasa kepedulian juga bertambah” tambah Muhamad Iftor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: