Beralih ke Produk Organik, Kenapa Tidak ?

Taman Yasmin|Kota Hujan.com– Usaha untuk menghasilkan hasil pertanian bebasis tanaman organik semakin hari semakin gencar dilakukan. Fenomena ini muncul akibat mulai tingginya tingkat kesadaran masyarakat mengkonsumsi bahan makanan yang diproduksi secara organik. Poduksi hasil petanian berbasis tanaman organik kini mulai dianut sebagian petani Indonesia. Salah satunya kelompok petani yang beada di daerah Ciapus dan Dramaga. Mereka adalah petani yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI).
http://rcm.amazon.com/e/cm?t=kota02e-20&o=1&p=8&l=bpl&asins=B003DZ163E&fc1=000000&IS2=1&lt1=_blank&m=amazon&lc1=0000FF&bc1=000000&bg1=FFFFFF&f=ifr
Pada Sabtu(27/11) kemarin, petani yang tergabung dalam SPI berkerja sama dengan unit Koperasi Palem Taman Yasmin sektor V,mengadakan peresmian “Warung Organik”. Warung ini menyediakan aneka produk sayuran organik. Peresmian di hadiri oleh para petani, anggota Koperasi Taman palem Yanmin sektor V, Direktur Umum Poros Nusantara Utama (PNU) serta warga sekitar.

“Konsep dari Warung Organik ini adalah membuat kedekatan antara produsen dengan konsumen dengan pemasaran langsung dari produsen kepada masyarakat yang menciptakan kedaulatan diantara keduanya” tutur Putro Saputro, Direktur Utama PNU.

Sistem pengelolaan Warung Organik sendiri, baik petugas operasional harian Warung Organik serta system bagi hasil, dilakukan bersama antara petani dan kelompok Koperasi Taman Palem khususnya ibu-ibu PKK. Koperasi membagi hasil keuntungan dari penjualan kepada petani dan juga pembagian keuntungan kepada SPI. Menurut Basir yang merupakan salah satu petani, diharapkan dengan adanya Warung Organik ini petani dapat lebih maju dan sayur-mayur organik ini dapat juga dinikmati oleh masyarakat kecil.

Kedepannya Warung Organik, merencanakan membuka Warung Organik ke-2 di Baranangsiang tepatnya di Kedai Telapak Jl.Pajajaran No.54.

“Warung Organik yang baru ini dapat terus konsisten dengan membawa konsep tanaman organik, jangan sampai di waktu mendatang warung organik bukan menyediakan tanaman organik lagi” tutur Herni Dahlan warga Yasmin sektor V.

Rekaman Suara
http://www.4shared.com/embed/435097767/808a730

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: