Memasuki Musim Hujan, Sayuran Turun Harga

Pasar Bogor|Kotahujan.com-Memasuki musim hujan di awal bulan November 2010 harga beberapa sayuran di pasar Bogor hari Sabtu (6/11) kemarin mengalami penurunan harga. Begitu juga untuk gula pasir yang sedikit mengalami penurunan. Disisi lain untuk kebutuhan pokok seperti beras, gula dan minyak goreng mengalami kenaikan harga.

Suganda karyawan kios beras pasar Bogor menduga kenaikan harga beras karena tingginya gagal panen serta musim yang tidak menentu. Menteri Pertanian pada bulan Maret 2010 lalu memastikan Indonesia tidak akan mengimpor beras. Kemudian dikuatkan juga oleh ramalan BPS (Badan Pusat Statistik) bahwa angka produksi beras pada 2010 sebesar 64,9 juta ton gabah kering giling atau terjadi kenaikan 568,37 ton / 0,88% dari tahun sebelumnya.

Sementara itu menurut Eki salah satu pedagang di pasar Bogor, penurunan harga cabai terjadi karena melimpahnya produksi cabai daerah Jawa Tengah. Saat ini harga cabai 10.000/kg Sedangkan untuk sayuran seperti bawang merah mengalami kenaikan harga. Saat ini harga bawang merah di Pasar Bogor Rp. 16.000/kg.

Kenaikan harga terjadi pada minyak goreng dan gula saat ini mencapai Rp. 20.000/kg sedangkan minyak goreng curah mencapai Rp. 9000/kg dari harga Rp.8000/kg. Kenaikan harga minyak goreng juga terjadi pada minyak goreng kemasan ber-merk. Untuk minyak goreng ukuran 250 ml naik menjadi kisaran Rp 4.500 dari sebelumnya Rp 4.000.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: