Kompetisi Mulung Sampah Ciliwung Kembali Digelar

Bogor|Kotahujan.com-Memuncaki aktivitas rutin setiap sabtu, Komunitas Peduli Ciliwung kembali menggelar Kompetisi Pemulungan Sampah Ciliwung Antar Kelurahan se-Kota Bogor. Kegiatan yang dikemas sebagai bentuk apresiasi warga sepanjang sungai Ciliwung itu dilaksanakan setahun sekali. Targetnya pada Sabtu (30/10) besok ratusan warga akan ikut berpartisipasi mulung sampah Ciliwung.

Menurut koordinator kegiatan mulung KPC, Sandika Ariansyah. Kompetisi Pemulungan Sampah Ciliwung Antar Kelurahan se-Kota Bogor digelar sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda, tema kompetisi tahun ini adalah “Generasi Muda Peduli Ciliwung”. Dengan semangat Sumpah Pemuda, pihaknya mengajak warga Bogor terutama yang berada dekat dengan Sungai Ciliwung untuk turut serta mencintai lingkungan dengan cara menjaga kelestarian di Sungai Ciliwung ini.

Kompetisi ini diikuti oleh sepuluh kelurahan di Kota Bogor. Mereka memperebutkan Piala Bergilir Ciliwung Bersih dari Walikota Bogor. KPC juga bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor dan sudah sepakat untuk menjadikan perhelatan ini sebagai acara tahunan. Kepala Bidang Kebersihan Pemerintah Kota Bogor, Satia Mulya juga merespon positif kegiatan ini.

KPC berharap acara kompetisi ini bisa mendorong masyarakat untuk lebih peduli pada lingkungan, khususnya Sungai Ciliwung. Kompetisi tahunan ini merupakan sebuah stimulan agar ke depannya semakin sedikit yang membuang sampah ke Sungai Ciliwung. Sandika Ariansyah mengatakan, “Kami berharap partisipasi warga Bogor tidak hanya berhenti di acara kompetisi ini saja tetapi lebih jauh lagi mudah-mudahan mereka sadar pentingnya air dan Sungai Ciliwung ini. Seperti slogan kami, ‘Ciliwung Rusak Hirup Balangsak’. Jika Sungai Ciliwung tidak dijaga, maka warga juga yang akan menerima akibatnya.” Mudah-mudahan mimpi tentang Sungai Ciliwung dapat terwujud. Mimpi akan sebuah sungai yang bersih, bening, dan berair sejuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: