2056 Korban Gempa Tsunami Mentawai Butuh Bantuan

Padang|Kotahujan.com-Gempa 7,2 skala richter yang disusul dengan tsunami melanda pulau Mentawai pada Senin (25/10) malam lalu, terasa menghenyakan. Kejadian tersebut telah menimbulkan korban sedikitnya 164 orang meninggal dan 502 orang lainnya dinyatakan hilang. Data yang dirilis Posko Lumbung Derma Peduli Gempa Tsunami Mentawai diperkirakan akan terus bertambah mengingat lokasi bencana masih terus disisir para relawan. Informasi staf YCMM di Padang menyebutkan akses transportasi ke lokasi wilayah bencana hanya bisa dilakukan dengan speed boat. Saat ini masih ada beberapa dusun lagi yang diperkirakan terkena dampak cukup parah yang belum didapatkan informasinya.

Korban jiwa terbanyak ditemukan di kecamatan Pagai Utara, tepatnya di dusun Muntei desa Betumonga. Kini 2056 warga yang selamat di kecamatan Pagai Selatan, Pagai Utara, Sikakap dan Sipora Selatan membutuhkan bantuan segera. Posko Lumbung Derma merilis adanya kebutuhan beras 1 minggu ke depan, minimal 5,7 ton (asumsi 400 gram per orang per hari). Kebutuhan tenda pengunsi sebanya 514 unit/KK, selimut 2056 unit/orang, kebutuhan tikar 1028 lembar, air bersih 24.672 liter (asumsi 12 liter per hari per orang), serta alat masak sebanyak 514 set (satu set per KK).

Untuk distribusi bantuan disarankan langsung ke Pulau Pagai dan Sipora, atau lewat Posko Lumbung Derma Peduli Gempa Tsunami yang berada kantor YCM di Jl. Nias No 21 Padang. Dana bantuan untuk korban dapat dikirim langsung ke nomor rekening BANK SYARIAH MANDIRI Cabang Ulak Karang
No. Rekening: 15-300-17171 a.n LUMBUNG DERMA QQ KHALID S
.

Posko Lumbung Derma Peduli Gempa Tsunami Mentawai merupakan inisiatif beberapa kelompok dari YCMM, WALHI, KPMM, LBH, PBHI, Organisasi Mahasiswa Mentawai, dan 24 NGO lainnya di Sumatera Barat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: