KPC Bogor, WPL dan Danone menerima Penghargaan Lingkungan

Sumber Daya Air merupakan salah satu sumberdaya yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Pelestarian sumber daya air dewasa ini telah cukup banyak dilakukan baik melalui instansi pemerintah, pihak swasta maupun warga masyarakat. Melalui Index 2010 bertempat di Botani Square Bogor dengan tema ” The Real Movement to Save Our water for Sustainable Development”. Kegiatan ini juga dibarengi pameran (expo) yang mengambil tema “Jangan Katakan Tidak Untuk Selamatkan Bumi”. Juga diberikan penghargaan kepada tiga kelompok masyarakat atas usaha mereka untuk melestarikan sumberdaya air.

Ketiga kelompok masyarakat penerima penghargaan INDEX 2010 tersebut adalah, Perusahaan Danone, WPL (Warga Peduli Lingkungan) Sungai Citarum dan KPC (Komunitas Peduli Ciliwung) Bogor. Penghargaan ini adalah tahun ketiga bagi FEMA (Falkutas Ekologi Manusia) IPB.http://rcm.amazon.com/e/cm?t=kota02e-20&o=1&p=8&l=bpl&asins=B001KWJHVA&fc1=000000&IS2=1&lt1=_blank&m=amazon&lc1=0000FF&bc1=000000&bg1=FFFFFF&f=ifr

Hadir mewakili kelompoknya penerima penghargaan tersebut yaitu pihak Danone Iwan Setiyoko, WPL diwakili bapak Yoga dan dari KPC Bogor Hapsoro.

Hapsoro yang mewakili KPC Bogor mengatakan dirinya merasa tidak tepat untuk hadir di penghargaan tersebut bila dibandingkan dengan penerima penghargaan yang lain yaitu WPL dan Danone. Ia merasa yang dilakukan KPC Bogor tidak sehebat WPL dan Danone, karena KPC hanya memulung sampah sungai Ciliwung sehari setiap minggunya.

Iwan Sutiyoko mengungkapkan betapa sulitnya melakukan pengelolaan sumberdaya air di Indonesia hingga saat ini. Terutama dengan keinginan pihak Danone yang ingin melalukan pengelolaan sumber daya air bersama-sama dengan masyarakat melalui Dewan Air yang idealnya terdapat di setiap daerah. Terutama bagaimana mengelola sumberdaya air secara terintregasi dan bersama melalui kelembagaan bersama pengelola air atau suatu wadah bersama, yang didalamnya terdapat unsur pemerintah, swasta dan kelompok-kelompok masyarakat.

Meskipun kegiatan penghargaan digelar di tempat pertemuan megah disalah satu mall besar Kota Bogor, tetapi suasana ekslusifitas kegiatan ini sangat terasa. Nampak kegiatan penyerahan anugrah ini kebanyakan hanya dihadiri oleh kalangan mahasiswa saja.
http://rcm.amazon.com/e/cm?t=kota02e-20&o=1&p=8&l=bpl&asins=B003GAMPWM&fc1=000000&IS2=1&lt1=_blank&m=amazon&lc1=0000FF&bc1=000000&bg1=FFFFFF&f=ifr
Selain penyerahan penghargaan kegiatan ini juga diwarnai dengan stand-stand pameran lembaga dan institusi pemerhati dan pelaku konservasi lingkungan, serta dimeriahkan oleh penampilan penyanyi Tompi dan Sevensoul.

Tahun 2009 lalu penghargaan diberikan kepada PT Djarum, Ibu Harini Bambang dan Sahabat Alam.

Menurut Zhara selaku koordinator penghargaan Index 2010 ini, kegiatan penghargaan ini dimaksudkan agar dapat memberikan contoh tauladan bagi para pengunjung expo akan pelestarian lingkungan khususnya air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: