Drainase Mampat, Air pun Tergenang

Warung Jambu|Kotahujan.com-Jika anda merasa gambar diatas terjadi di Jakarta, anda salah besar. Gambar tersebut diambil di perempatan Warung Jambu pada kamis (7/10) sore. Pemandangan sepintas mirip banjir ini terlihat sesaat setelah hujan turun. Curah hujan yang cukup tinggi di kota Bogor akhir-akhir ini, ternyata membawa dampak terkuaknya fasilitas publik yang tidak berfungsi baik. Yang paling disorot tentu kondisi jalan dan drainase-nya.

Buruknya kondisi drainase membuat air hujan tak tertampung, dan menggenangi jalan. Jangankan menampung air hujan yang baru saja turun, drainase yang ada masih menyimpan air dari hujan-hujan sebelumnya. Genangan air pun dipastikan muncul setiap kali hujan di lokasi ini. Genangan tersebut sudah pasti menyulitkan pengguna jalan. Banyak pengendara motor yang berusaha menghindar ke tepi, akibatnya terjadi kemacetan karena antrian kendaraan di lokasi ini. Belum lagi lokasinya tak jauh dari traffic light Warung Jambu.

Menurut Ojih (40), petugas parkir salah satu ruko. Genangan air ini muncul sejak beberapa bulan lalu saat hujan deras. Air terjebak di jalan karena terhalang portal pembatas jalan dengan kondisi got (drainase) yang mampet.

Kondisi yang sama juga terjadi di beberapa ruas jalan kota Bogor. Banyaknya air yang terjebak di jalan saat hujan menjadi bukti tak terbantahkan kondisi drainase yang tidak bagus. Air itu seharusnya mengalir langsung ke sungai atau meresap ke tanah. Tidak seharusnya ia terjebak menjadi genangan yang merepotkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: