Air Melimpah, Situgede Sepi Pengunjung

Situgede|Kotahujan.com-Curah hujan dengan intensitas cukup tinggi yang terjadi Bogor beberapa hari ini, membawa dampak melimpahnya cadangan air di danau Situgede. Debit air di danau ini terlihat lebih melimpah, cukup untuk dimanfaatkan sebagai pasokan irigasi dan wahana wisata air. Kondisi ini berbeda dengan tahun lalu, yaitu pada bulan yang sama. Debit air Situgede mengalami penyusutan hingga sebagian dasarnya tampak (Berita Terkait).

Menurut Dadang, petugas PSDA wilayah Situgede. Pengaruh hujan yang turun hampir tiap hari memang jadi penyebabnya. Apalagi Situgede saat merupakan berfungsi sebagai tampungan air setelah mata airnya tidak berfungsi. Dari pantauan diketahui ketinggian air mencapai 20 cm dari tanggul batas standarnya. Dadang memaparkan saat kemarau banyak petani di wilayah kabupaten yang minta dibukakan pintu air situ untuk mengairi sawah meraka. Air Situgede memang berfungsi untuk membantu suplai air bagi pertanian di wilayah Kabupaten Bogor.

Meski air melimpah, kondisi ini tidak demikian dengan pengunjung Situ. Hampir setiap akhir pekan kawasan ini menjadi persinggahan warga Bogor dan sekitarnya. Baik sekedar bersantai maupun menikmati bebek air atau boat yang tersedia. Andang, salah satu penjaga bebek air menuturkan, tak banyak pengunjung yang memanfaatkan bebek air saat ini. Faktor cuaca menjadi alasan utama. Karena hujan pengunjung enggan.

Seperti halnya hari ini, Sabtu (25/9). Biasanya banyak pengunjung dari siang menjelang sore. Namun karena cuaca mendung dan pagi harinya sempat hujan, kawasan sekitar Situ pun sepi-sepi saja.

Situgede berada di wilayah RW 3, 5 dan 4, kelurahan Situgede kecamatan Bogor Barat, kota Bogor. Situ atau Danau ini berada dibawah pengawasan dan pengelolaan PSDA Jawa Barat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: