Kampoeng Bogor Susuri Jejak Masjid Tua Kota Bogor

TegalGundil|Kotahujan.com-Hampir disemua masjid saat-saat Ramadhan seperti saat ini pasti dipenuhi orang. Kedatangan mereka adalah untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala dengan memperbanyak ibadah. Demikian halnya dengan masjid-masjid bersejarah dikota Bogor. Tidak dipungkiri Bogor yang sempat dikunjungi berbagai ulama besar ini memiliki catatan peninggalan para ulama itu. Salah satunya dan yang monumental adalah masjid. Masjid ini berdiri sejak jamannya, sudah ramai dipadati, tidak saja oleh jamaahnya tetapi cerita sejaranya. Kekayaan cerita sejarah yang gaungnya masih terdengar sampai sekarang. Terbukti beberapa masjid memiliki jemaah loyal dari berbagai wilayah, tidak hanya di Bogor, tapi dari penjuru nusantara.

Fakta ini rupanya cukup mengilhami beberapa kalangan muda Bogor untuk menggali dan menelusuri jejak masji tua di kota Bogor. Ide pun dilontarkan oleh komunitas Kampoeng Bogor. Mereka merasa terpanggil untuk memperdalam pengetahuan tentang keberadaan masjid-masjid tua di kota Bogor. Untuk itu bersamaan dengan moment Ramadhan, mereka menggulirkan progam “Menapak Identitas, Jejak Masjid tua Kota Bogor”.

Kegiatan ini tidak semata dilakukan oleh anggota komunitasnya saja, tetapi juga terbuka untuk siapa saja yang berminat mengenali masjid tua di kota Bogor. Bentuknya adalah jalan-jalan ‘ngabuburit’ susur masjid, yaitu Masjid Al Falak Pagentongan, Masjid Jami’ Al Mustofa, Masjid Agung Empang At Thohiriyah dan Masjid An Nur Tauhid lolongok. Disana peserta kegiatan akan hunting info sejarah dan perkembangan masjid, hunting foto dan dokumentasi film.

Menurut Humas Kampoeng Bogor, Uthi. Kegiatan Jejak masjid Tua Kota Bogor akan berlangsung pada 22 samapi 28 Agustus 2010. Peserta yang terlibat sebelumnya akan mengikuti workshop dengan materi jurnalistik, fotografi, film dan desain grafis. Peserta bisa mengikuti workshop tersebut sesuai dangan minatnya.
“Setelah mendapat pembekalan workshop, peserta keesokan harinya langsung tour dan orientasi lapangan ke beberapa masjid, dan menginventasisasi temuan-temuannya. Hasilnya nanti akan dikemas kedalam media-media sesuai hasil workshop, dan pada akhir kegiatan akan kita dipamerkan”, papar Uthi.

Bagi yang berminat khususnya kaum muda, dapatkan informasinya melalui web dan Facebook Kampoeng Bogor. Kemudian mendaftarkan data pribadi (nama, no kontak, email, minat) melalui Email Kampoeng Bogor: kampoengbogor@kampoengbogor.org. Bisa juga via Twitter dengan mention/ DM @kampoengbogor dan cc ke @xuthiex.

Khusus untuk Peserta dengan minat fotografi dan produksi film, diharapkan membawa perlengkapan sendiri (kamera atau alat perekam jenis apapun).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: