Bogor Deklarasikan Kota Zakat

Kebun Raya|Kotahujan.com-Ribuan warga dengan baju muslim putih, tampak memadati ruas jalan Ir. H Juanda kota Bogor sabtu (7/8) pagi. Mereka bergerak dengan berjalan kaki dari halaman Balaikota Bogor menuju Kebun Raya Bogor. Kehadiran mereka diramaikan dengan drum band, marching band dan rebana. Tampak disela-sela peserta walikota Bogor Diani Budiarto, wakil walikota Ahmad Ru’yat, sekdakot Bambang Gunawan, pejabat muspida dan tokoh masyarakat lainnya.

Aktifitas ribuan warga tersebut merupakan bagian dari kegiatan Tahrib dan Cucurak Ramadhan 1413H yang digelar BAZ kota Bogor. Kegiatan Tahrib ini dipusatkan di Kebun Raya Bogor dengan diramaikan para pemeran film dan sinetron Ketika Cinta Bertasbih (KCB), ustadz Arifin Ilham, KH Jujun Junaedi dan alunan suara Kurma Voice.

Ustadz Arifin Ilham langsung membius peserta Tahrib dengan ajakan dzikirnya. Peserta Tahrib yang berasal dari berbagai pelosok kota hingga kabupaten Bogor itu larut dalam kekhusukan dzikir bersama. Ustadz Arifin Ilham berhasil membuat sebagian peserta kegiatan terisak-isak dalam dzikirnya.

Puncak dari Tahrib ini adalah deklarasi Menuju Bogor Kota Zakat. Deklarasi yang dibacakan oleh sekdakot Bambang Gunawan itu ditandai dengan penandatanganan oleh 34 unsur masyarakat. Dalam rilis yang dikeluarkan ketua BAZ kota Bogor, Endang Oman. Pendeklarasian ini bertujuan sebagai percepatan untuk menggali potensi zakat kota Bogor, sehingga kekuatan zakat akan lebih besar lagi untuk menangani beragam persoalan umat Islam kota Bogor.

Selain deklarasi juga disematkan anugrah zakat 2009-2010 kepada enam pihak yang memiliki kontribusi besar terhadap penyaluran zakat melalui BAZ. Penghargaan itu diberikan kepada PDAM Tirta Pakuan, RS AZRA, Dinas Pendidikan Kota Bogor, UPZ Masjid Raya Bogor dan BNI Syari’ah. Sementara perorangan diberikan kepada Purwanto. Pertimbangan pemberian anugrah zakat ini berdasarkan besaran zakat yang dibayarkan melalui BAZ kota Bogor.

Pada kesempatan tersebut, PDAM Tirta Pakuan secara simbolis juga menyerahkan zakat sebesar Rp. 431 juta melalui BAZ kota Bogor. Hari itu BAZ kota Bogor juga menandatangani kerjasama progam dengan BAZNAS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: