Kasepuhan Ciptagelar Hibur Warga dengan Kesenian

Kasepuhan Ciptagelar|Kotahujan.com-Keriuhan warga kampung jelang upacara adat Seren Taun di Kasepuhan Adat Cipta Gelar langsung terasa sejak Jumat (30/7). Berbagai kegiatan hiburan digelar untuk menyambut kedatangan tamu dan warga kampung lainnya. Kasepuhan Adat Cipta Gelar adalah Kasepuhan yang termasuk dalam kesatuan Masyarakat Adat Banten Kidul. Kasepuhan ini secara turun temurun selalu menggelar upacara adat Seren Taun sebagai ungkapan rasa syukur. Menjelang puncak acara perayaan Seren Taun, biasanya para tamu sudah mulai berdatangan.

Sebagai sambutan agar para undangan dan warga tidak kesepian maka digelarlah hiburan kesenian. Kesenian yang digelar adalah Wayang Golek, Dog-dog Lojor, Jipeng, Jaipong, dan Layar Tancep. Terlihat warga dan para tamu berbaur menikmati sajian kesenian yang dihadirkan. Wayang Golek menjadi tontonan yang paling menarik minat selain layar tanjep yang memutar film laga Indonesia.

Kasepuhan Adat Cipta Gelar adalah sebuah kampung adat yang berada di dusun Sukamulya desa Sinaresmi kecamatan Cisolok kabupaten Sukabumi. Kasepuhan ini pada awalnya berdiri di Bogor 642 tahun yang lalu, kemudian berpindah-pindah sesuai wangsit leluhur hingga berada dilokasi yang sekarang. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian petani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: