Aktivis Telapak Raih Liputan6 Award 2010

Jakarta|kotahujan.com-Panggung megah Balai Sarbini Jakarta pada rabu (21/7) lalu terasa lebih bermakna. Jika selama ini kemegahan itu milik mereka yang terbiasa dengan gemerlap kota. Kali ini giliran tokoh yang jauh dari gemerlap kota yang menjadi bintang. Mereka tampil dengan karya ‘gagah’ nya di Liputan6 Award 2010.

Lima orang terpilih didaulat menerima penghargaan dengan kategori Pemberdayaan Masyarakat, Advokasi, Lingkungan, Pendidikan, seni budaya dan Special Award. Mereka adalah Silverius Oscar Unggul, Arsinah Sumetro, Lourens Loho, Budi Soehardi dan Ari Sihasale-Nia Zulkarnaen. Untuk special award diberikan kepada Almarhum Abdurrahman Wahid.

Renald Kasali, salah satu juri yang melakukan verifikasi bidang pemberdayaan masyarakat mengomentari bahwa para tokoh ini adalah inspirasi. Inspirasi yang bukan omong kosong, tetapi ada bukti nyata untuk mencintai sesama.

Silverius Oscar Unggul atau yang akrab disapa Onte merupakan peraih penghargaan bidang Pemberdayaan Masyarakat. Kiprahnya sepuluh terakhir bersama masyarakat Konawe Selatan Sulawesi Tenggara, mampu merubah pola pembalakan menjadi semangat konservasi. Onte dinilai sukses mengajak masyarakat menghentikan kebiasaan membalak kayu alam melalui Koperasi Hutan Jaya Lestari (KHJL). Koperasi yang berdiri sejak tahun 2002 itu mampu merubah pandangan masyarakat tentang alam. Tanaman jati yang mereka tanampun kini diburu pasar internasional karena sudah tersertifikasi ekolabel.

Usai menerima penghargaan, aktivis lingkungan Telapak yang juga berkantor di Bogor ini, dengan haru mengungkapkan kebanggaannya menerima award. Onte mendedikasikan award ini untuk para petani yang selama ini disiksa dan ditangkap karena dituduh illegal logging, padahal merekalah pengelola hutan yang lestasi di Indonesia.

“Ini bukti bahwa media mulai melirik pengelolaan hutan oleh masyarakat sebagai sebuah solusi bagi Indonesia”, tuturnya.

Terkait Liputan6 Award 2010, pemimpin Redaksi Liputan6 SCTV Don Bosco Salamun menuturkan. Saat ini media kita menyuguhkan bad news terkait politik kotor, korupsi dan banyak hal yang memang kondisinya seperti itu. Ditengah kondisi itu masih ada orang tidak kita kenal bahkan kerja sendirian yang justru menginspirasi banyak orang. Orang-orang inilah yang sepatutnya diangkat ke permukaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: