Hari Anak Dan Tanaman Langka Indonesia

Bogor|Kotahujan.com-Beberapa murid sekolah dasar tampak semangat mengikuti yel-yel yang diajarkan. Yel-yel bertema lingkungan langsung membahana di sekolah yang berada di kawasan Sindangbarang Bogor itu. Tak lama kemudian mereka beramai-ramai memadati ruang-ruang aktivitas, seperti ruang lukis, bioskop mini, story telling, bazaar dan ruang kesehatan. Aktivitas yang mereka lakukan itu adalah bagian peringatan hari anak nasional.

Memperingati hari anak nasional yang jatuh pada 23 Juli nanti, Detara Foundation menggandeng SD Sindangbarang 3 menggelar Pekan Anak dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Kegiatan yang diikuti seluruh siswa SD Sindangbarang 3 ini menjadi satu bentuk kegiatan kreatifitas dan pengenalan keanekaragaman hayati Indonesia. Konsep kegiatannya dikemas untuk mendukung tema tahun ini, yaitu keanekaragaman hayati.

Nita Nuryanthy, koordinator progam DeTara Foundation menuturkan bahwa penting sekali mengenalkan keanekaragaman hayati kepada anak-anak Indonesia. Selama ini tidak banyak yang tahu bahwa di Bogor banyak sekali tanaman langka yang sudah tidak diketahui lagi, seperti pohon Kemang, Bisbul, Namnam, lobi-lobi dan lainnya. Tanaman itu entah dimana lagi bisa ditemui.

“Kita disini membantu merubah mindset anak-anak SD agar lebih aware terhadap lingkungan”, ungkap Nita.

Dengan dukungan UHIC (United Help International Children) Korea, Pekan Anak dan Keanekaragaman Hayati Indonesia ini menampilkan pentas seni anak bertema lingkungan, lomba lukis keberagaman hayati, dan lomba menulis puisi dengan tema yang sama. Singkatnya sejauh mana yang mereka ketahui tentang lingkungan dan keanekaragaman Hayati, dituangkan dalam gambar dan tulisan. Demikian halnya dengan bazaar yang menampilkan makanan tradisional Indonasia. Selain itu juga ada bioskop mini dan pemeriksaan kesehatan.

Kepala Sekolah SD Sindangbarang 3, E Kamidi, S.Ag menyambut positif inisiasi kegiatan yang dilakukan DeTara Foundation. Selama ini peringatan hari anak nasional yang diselenggarakan di sekolah belum memasyarakat, banyak yang belum tahu apa itu hari anak nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: