Study Banding Kabupaten Keerom Papua ke Kalam

Delapan anak usia SMA dari tujuh Distrik Kabupaten Keerom Provinsi Papua mendapat pelatihan oleh KALAM (Komunitas Peduli Kampung Halaman) di Kelurahan Tegal Gundil Bogor, Jawa Barat. KALAM merupakan salah satu organisasi kepemudaan tempat menyalurkan bakat dan bekerja dalam lingkup kelurahan dimana organisasi pemuda ini terbentuk.

Pelatihan oleh KALAM ini meliputi tiga bidang pengembangan yaitu pendidikan, media dan usaha. Media pengembangan masyarakat yang dimaksud adalah pengelolaan taman bacaan atau perpustakaan, pembuatan koran kampung untuk lingkup kelurahan serta proses pembuatan film, dan kegiatan usaha kedai.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 28 Juli dan berakhir pada 9 Juni 2010 mendatang. Kegiatan ini didukung oleh World Vision yang mengutamakan pada pemberdayaan anak-anak agar mempunyai ketrampilan, kemampuan serta pengetahuan. Tujuannya agar mereka dapat mengembangkan dirinya sendiri.

Novi yang merupakan salah satu pendamping dari anak-anak tersebut mengatakan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pada anak-anak agar mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri. Kemudian dapat menularkan dan memimpin anak-anak lainnya agar dapat memiliki aktivitas yang lebih baik di daerahnya.

Hal ini berkaitan dengan kondisi pergaulan remaja yang terjadi di Papua. Menurut Kariman, salah satu pendamping lainya. Di Kabupaten Keerom saat ini tengah terjadi kemerosotan nilai dan moral anak muda. Pergaulan remaja di Papua cenderung mengarah pada pergaulan bebas dan minuman keras.

Semoga dengan kegiatan pelatihan dan study banding ini dapat mencegah kemerosotan nilai dan moral masyarakat di Papua yang saat ini sedang berlangsung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: