Wayang Kulit Ramaikan Kemuning Gading

Memperingati HJB ke 528 tahun ini. Meski terkesan kurang promosi, panitia tetap kukuh menghadirkan beragam atraksi kesenian yang ada di kota Bogor. Atraksi tersebut tidak semata hiburan kesenian dari sunda saja, tetapi juga menghadirkan kesenian dari daerah lain. Salah satunya wayang kulit.

Sebagai kota yang didiami berbagai suku, salah satunya Jawa. Tak salah jika memeriahkan hari jadinya, kota Bogor menggelar pertunjukan wayang kulit pada sabtu (29/5) lalu di Gedung Kemuning Gading. Pagelaran wayang kulit Ponco Laras dengan ‘lakon ‘ Wiroto Parwo oleh dalang Ki Anom Sugianto. Tak pelak kegiatan ini mendatangkan minat komunitas Jawa dan pecinta wayang kulit di kota Bogor.

Ponijan Ariyanto, salah satu tokoh komunitas Jawa di kota Bogor menuturkan bahwa sebagai warga Bogor, pihaknya merasa terpanggil untuk ikut berpartisipasi dalam HJB 528. Kegiatan ini bisa menjadi sarana melestarikan kesenian Jawa yang tidak terpatok pada satu daerah saja. Pun tampilnya wayang kulit di Bogor adalah salah satu dari upaya itu. Pihaknya juga merasa senang bahwa kesenian Jawa ternyata juga diwadahi di kota Bogor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: