Donor Darah Untuk Penderita Thalessemia

Bogor 29 Mei 2010
Bertempat di halaman Balaikota Bogor Sabtu 29 Mei 2010 sekitar 200 anggota Biker’s Yamaha Matic Bogor Kota dan Kabupaten menggelar “Two wheels 4 Thalassemia”. Kegiatan ini diprakasai oleh teman-teman bikers dari kotamadya Bogor dan Kabupaten terhadap anak-anak penderita Thalassemia dan dalam rangka mewujudkan visi dan misi POPTI (Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalassemia) Cabang Bogor.

Acara yang dimualai pukuu 09:00 Wib ini dalam bentuk kegiatan bakti sosial donor darah dan penyadartauan masyarakat terhadap penyakit Thalassemia tersebut dibeberapa titik keramaian kota Bogor serta mengajak anak-anak mengajak penderita berjalan-jalan menggunakan sepeda motor dari komunitas Biker Yamaha Matic Kota Bogor.Diharapkan hasil dari pengumpulan darah donor kesempatan kali ini dapat membantu meringankan penyakit anak-anak penderita Thalessemia di Kota Bogor, dan dengan kegiatan ini masyarakat dapat memahami dan mengetahui penyakit Thalessemia yang belum ada obatnya ini. Penyakit ini adalah cacat genetik yang berdampak terhadap penurunan energi pada anak atau pada penderita. Penyakit ini dapat turun secara genetik pada anak yang ke 3 dan 4 dari pasangan yang salah satunya membawa keturunan gen Thalassemia tersebut. Penyakit ini dapat dicegah dengan memeriksakan kondisi darah pasangan yang akan menikah. Karena dengan diketahuinya kondisi darah dari calon pasangan suami-istri sebelumnya, anak-anak dapat terbindar dari potensi penyakit thalassemia ini.
Anak-anak yang menderita penyakit ini mengalami kemunduran energi dan kekebalan tubuh, dan para penderita membutuhkan transfusi darah yang terus menerus untuk tetap dapat hidup dengan baik. Seperti diketahui bahwa biaya transfusi darah merupakan pengobatan penyakit yang masih tergolong mahal. Diharapkan degnan kegiatan ini penyebaran penyakit Thalassemia di Bogor dan masyarakat pada umumnya dapat dikurangi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: