Sepanjang Mei-Juni Rangkaian Kegiatan HJB Ramaikan Bogor

Secara teknis berbagai rangkaian kegiatan selama rangkaian HJB diuraikan Koordinator Bidang Ekonomi Kebudayaan dan Pariwisata Panitia HJB Sahlan Rasyidi. Tema HJB tahun ini adalah Bogor Berbakti, dimana kegiatan yang dilaksanakan kental dengan kegiatan sosial. Seperti khitanan massal, nikah massal, pengobatan gratis dan lainnya. Kegiatan sosial ini akan dikoordinasikan di masing-masing kecamatan. Bagi masyarakat yang ingin terlibat dalam kegiatan tersebut bisa menghubungi kecamatan masing-masing.

Sahlan yang juga merupakan Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memaparkan bebebrapa agenda kebudayaan yang sudah terlaksana dan yang akan dilaksanakan. Pada 24 & 25 April lalu sudah terselenggara gelar seni tari oleh Getar Pakuan di Botani Square, kemudian band pelajar oleh Obor Sakti di Jl. Sudirman. Lalu pada 2 Mei di kelurahan Margajaya juga dilakukan evaluasi seni dan pada 21 Mei diadakan gelar seni sekaligus pembukaan Bogor Craft 2010. Kemudian pada 22 Mei diadakan Festival Tari Kreasi Tingkat Provinsi Jawa Barat yang diikuti 21 daerah se Jawa Barat. Pada gelaran ini Bogor masuk sebagai artistik terbaik.

Untuk Bogor Craft sendiri akan berlangsung sampai tanggal 21 Mei 2010 di Botani Square. Dalam even tersebut selain diisi pameran juga diramaikan dengan pagelaran kesenian dari sanggar-sanggar. Tanggal 28 Mei akan dilangsungkan pagelaran Wayang Golek semalam suntuk di beberapakelurahan. Untuk Bogor Barat ada dikelurahan Curug Mekar (Jl Yasmin), Tanah Sareal dilangsungkan di Cibadak, kemudian Bogor Selatan di kelurahan Kertamaya, Bogor Timur di kelurahan Sukasari. Kemudian di Bogor Utara dilangsungkan di Ciluar. Keesokan harinya pada tanggal 29 Mei akan dilangsungkan Wayang Kulit di Kemuning Gading sekaligus pameran foto.

Pada tanggal 30 akan dilangsungkan gelar budaya di sepanjang jalan dari depan gedung DPRD sampai ke Taman Topi. Dalam gelar budaya ini akan diikuti berbagai atraksi kesenian semisal Barongsai, Reog, Langgir Badong, Pencak Silat dan lainnya. Pada tanggal 2 Juni akan dilangsungkan juga Wayang Golek Asep Sunarya di Plaza balaikota. Selanjutnya di taman topi juga akan berlangsung wayang golek rampak dalang pada tanggal 5 Juni 2010.

Untuk pelaksanaan Istana Open pada tahun ini akan berlangsung pada 14 Juni sampai 18 Juni, kemudian dilanjutkan pada tanggal 21 sampai 22 Juni. Untuk masyarakat yang berminat pendaftaran dilakukan pada tanggal 7 Juni sampai 12 Juni.

Selain beberapa kegiatan diatas juga akan dilangsungkan seminar bahasa Indung dan juga festival lampu hias.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: