Kumis Kucing Ciwaluh Masuki Pasar Ekspor

Komoditas Kumis Kucing organik produksi komunitas rupanya sudah diminati pasar ekspor. Terbukti Koperasi Ciwaluh Mandiri melalui PT. PNU (Poros Nusantara Utama) Jabar kembali melakukan ekspor untuk ketiga kalinya. Tujuan ekspor kali ini adalah perusahaan L’Herbier yang berkedudukan di Perancis.

Kumis kucing sebanyak 5 ton tersebut memulai perjalanan dari Gudang PNU di Desa Cigombong Kabupaten Bogor. Diawali dengan proses stuffing (pemuatan barang) ke dalam kontainer yang dilakukan pengurus Koperasi Ciwaluh Mandiri pada pukul 04.00 WIB. Selanjutnya Kumis Kucing tersebut akan menempuh perjalanan melalui laut selama 1 bulan sampai tiba di Perancis.

Menurut Direktur PNU Jabar Rina Agustine. Pihaknya memang fokus untuk membantu memasarkan komoditas komunitas yang ada di Jawa Barat. Kumis kucing yang dikirim ini merupakan hasil produksi warga kampung Ciwaluh yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kumis kucing yang dikirim adalah kumis kucing yang telah melalui proses pengeringan dan telah mendapatkan sertifikat organik. Produk ini di negara tujuan akan kembali diolah sebagai bahan baku untuk obat herbal dan kosmetik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: