Hari Bumi; Penanaman Karang Laut Serentak di 3 Pantai Indonesia

Bogor 16 April 2006
Prosesi perayaan Hari Bumi yang jatuh tepat pada tanggal 22 April 2010 nanti akan dilakukan penanaman karang laut/ coral di tiga pantai Indonesia diantaranya;  pantai Nusa Penida Bali tanggal 22 April, pulau Seribu Jakarta tanggal 23 s/d 24 April, dan pantai Kendari pada tanggal 25 April.

Bentuk dan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat akan kemunduran kualitas lingkungan khususnya lingkungan laut. Karang laut adalah biota laut (mahluk hidup) yang dapat menyerap karbon serta lingkungan tempat hidup hewan-hewan laut. Dibeberapa wilayah Indonesia kondisi terumbu karang banyak yang mengalami kerusakan akibat pencemaran laut dan pengeboman karang untuk mengambil ikan. Selain itu kerusakan karang terjadi karena karang-karang laut tersebut banyak yang diambil untuk menjadi bagian dari bahan bangunan.

Semakin rusaknya media-media penyerap karbon tidak hanya terjadi di ekosistem laut dan pantai. Kerusakan lingkungan seperti di daerah sepanjang aliran sungai dan mata air serta hutan-hutan Indonsia yang telah berubah menjadi lahan pemukiman, industri, lahan pertanian pangan hingga perkebunan-perkebunan luas. Beberapa kondisi seperti ini dipercaya oleh para ahli lingkungan merupakan penyebab semakin panasnya suhu di muka bumi ini. Peningkatan suhu atau panas bumi dari waktu ke waktu ini lebih dikenal dengan perubahan iklim atau bahasa umumnya adalah “climate change.”
Beberapa perkumpulan hobi selam, aktivis lingkungan dan masyarakat umum akan melakukan penanaman beberapa jenis karang berkenaan dengan perayaan Hari Bumi yang jatuh tepatnya tanggal 22 April kedepan ini akan melakukan penanaman karang serentak di tiga lokasi pantai Indonesia. 

Untuk informasi lebih lengkap, panitia penyelenggara acara ini dapat di hubungi di account facebook di “Indonesia for coral day” atau menghubungi Ery Damayanti di telepon 0811113603. 
Partisipasi dan dukungan pada kegiatan penanaman karang ini terbuka untuk umum, baik individu, organisasi maupun perusahaan. Kepada siapa saja, terlebih kepada mereka yang mempunyai kesadaran lingkungan. Ingat lingkungan kita semakin mengalami kemunduran kualitas dan semakin kritis dari waktu ke waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: