Lokakarya Kebijakan Lahan Pertanian yang Berkelanjutan

Selasa 13 April 2010
Semakin berkurangnya dan kemunduran kualiatas lahan pertanian pangan Indonesia membuat pemerintah berencana melakukan penambahan lahan pertanian pangan baru di beberapa wilayah Indonesia. Di perkirakan bila ketersediaan lahan pertanian pangan Indonesia tidak segera di selesaikan, akibatnya 10 atau 20 tahun lagi Indonesia akan mengalami keadaan krisis pangan.

Kondisi tersebut membuat pemerintah melakukan koordinasi dengan beberapa instasi dan akademisi mengenai, “Kebijakan Pengelolaan dan Penyediaan Lahan untuk Pertanian.” Kegiatan ini akan dikemas dalam bentuk lokakarya dengan tema, “Kebijakan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan”.
Kegiatan yang merupakan kerjasama Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Deputi Bidang koordinasi Pertanian dan Kelautan serta didukung Pusat Pekajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah atau P4W IPB diselenggarakan di IPB Convention Center pada Rabu 14 April 2010 pukul 09:00 WIB hingga sore hari.
Lokakarya ini akan dibuka oleh Rektor IPB. Sebagai pembicara, Menteri Pertanian Ir. H. Suswono, MMA akan berbicara Kebijakan Nasional Lahan Pertanian Berkelanjutan, kemudian Deputi Bidang Pertanian dan Kelautan, Kementrian Koordinator Perekonomian akan berbicara , Kebijakan Fiskal dalam Mendukung Lahan Pertanian Berkelanjutan.
Dr. Ernan Rustiadi dari P4W LPPM-IPB pada lokakarya ini akan membawakan makalah, “Kebijakan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dan Penataan Ruang.”. Kemudian Dr. Yuswanda Temenggung dari Deputi Bidang Pengaturan dan Penataan Pertanahan, BPN membawakan makalah berjudul, “ Sistem informasi dan administrasi pertanahan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.” Sedangkan Dirjen Pengelolaan Lahan dan Air, Kementerian Pertanian akan membawakan makalah, “Pengembangan Sarana, Prasarana dan Sistem Insentif dalam Mendukung Kebijakan Lajan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Selanjutnya yang terakhir Prof. Maria W. Sumardjono dari Falkutas Hukum UGM akan membawakan makalah, “Aspek Hukum dalam Mendukung Kebijakan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.
Untuk informasi kegiatan ini dapat menghubungi dapat menghubungi panitia di telepon 081280923111/08567541525 (Rahmi/ Mia).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: