RUAS DIKSI : Gagasan Aktivitas Sastra di Kampus Unpak

Apresiasi sastra di Bogor meski tidak banyak menuai perhatian masyarakat, kini mulai menunjukkan eksistensinya. Berbagai kegiatan seperti pembacaan puisi, musikalisasi puisi maupun diskusi sastra, mulai banyak digelar di berbagai ruang dan kesempatan. Salah satunya RUAS DIKSI, Ruang Apresiasi dalam Musik dan Puisi yang digelar Teater Karoeng, Fakultas Sastra Universitas Pakuan Bogor (UNPAK).

Acara digelar pada Selasa (30/3) pukul 19.30 sampai 22.00 WIB, dan dipusatkan di Ruang Serbaguna II Fakultas Sastra Unpak Bogor. Menyuguhkan repertoar Teater Karoeng, Himadiksastrasia, Himsina dan Oncom Hideung. Bentuk-bentuk penampilan seperti pembacaan puisi, musikalisasi puisi, dan musik akustik mendominasi para performer.

Menurut Muhtadin, pimpinan produksi RUAS DIKSI. Kegiatan ini digagas sebagai ruang apresiasi bagi pelaku seni dan sastra di lingkungan fakultas sastra Unpak dan mahasiswa / penggiat sastra lainnya. RUAS merupakan progam Teater Karoeng dan digelar rutin satu bulan sekali. Bentuknya akan berbeda-beda tiap bulannya. Untuk bulan ini adalah yang berkaitan dengan musik dan puisi.

Sementara itu Cherry KS dari dewan kesenian kota Bogor. Melihat bahwa apa yang dilakukan RUAS adalah sebuah kegiatan yang menarik, apalagi dilakukan di kampus yang bukan kampus kesenian. Pihaknya berharap kegiatan ini akan terus dilakukan dan diikuti kantong-kantong kesenian yang lain. Sehingga kesenian di Bogor bisa lebih semarak. Hal ini mengindikasikan bahwa persoalan ruang berkesenian sudah mulai di jawab oleh seniman-seniman di Bogor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: