Ruwatan Mata Air Kedung Banteng Banyumas

Masyarakat Desa Melung Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Banyumas memiliki cara tersendiri dan unik dalam memperingati Hari Air sedunia yang disepakati pada tanggal 22 Maret lalu dengan melakukan Ruwatan Sumber Mata Air desa mereka. Kegiatan yang melibatkan banyak elemen masyarakat seperti Ikatan Remaja Griya Melung atau IRGM, komunitas Peduli Slamet, Pemerintahan Desa dan serta tokoh desa tersebut mengharapkan masyarakat desa dan juga masyarakat luas lainnya untuk tetap terus peduli akan keberadaan mata air.

Masyarakat desa Melung sangat tergantung pada sumber-sumber air yang berada di bukit-bukit sekitar desa mereka. Mereka mengharapkan keberadaan mata air yang selama ini sangat menunjang kehidupan sehari-hari masyarakat desa tetap, terjaga sehingga mereka terhindar dari kesulitan air bersih di kemudian waktu.

Berbagai bentuk permasalahan air terus muncul di beberapa daerah Indonesia. Bentuk dan contoh permasalahan air yang sering muncul tersebut seperti; kesulitan air bersih; kekeringan; pencemaran air; hingga kerusakan lingkungan akibat air bah dan banjir. Perlu segera dilakukan berbagai bentuk kegiatan serta aksi nyata dan penyadaran secara terus menerus kepada masyarakat luas akan berbagai bentuk pelestarian sumber-sumber mata air sehingga dapat tetap terus digunakan untuk kehidupan dan lingkungan. (Een)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: