Tim Pengawas Independen Pantau Pelaksanaan UN

Sebagai bagian upaya monitoring Ujian Nasional (UN), Tim Pemantau / Pengawas Independen atau TPI pelaksanaan UN di kota Bogor hari senin (22/3) ini menerjunkan 115 anggotanya. Para anggota TPI yang terdiri dari para dosen perguruan tinggi kota Bogor dan tersebar di tiap-tiap sekolah yang menyelenggarakan UN. Alokasi tim terdiri dari tim pengawas untuk tingkat SMA/MA, sementara tim pemantau untuk tingkat SMK.

Koordinator TPI (C) untuk tingkat kota Bogor, Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd saat ditemui usai kunjungan ke SMA Negeri 1 Bogor mengatakan pelaksanaan UN pada hari pertama ini berlangsung aman, belum ada laporan kecurangan dan lainnya. Pihaknya baru bisa bertindak setelah ada laporan dari sekolah dan rayon. Untuk distribusi soal juga berlangsung lancar sesuai jadwal. Sementara mengenai kerusakan soal dan lainnya belum ada laporan. Namun Bibin menjelaskan bahwa sistem UN saat ini sudah ada soal cadangan yang juga masuk dalam berita acara.

Mekanisme Pemantauan dan pengawasan ini dilakukan bertahap, mulai dari TPI (E) ditingkat sekolah kemudian ke TPI (D) tingkat rayon baru ke tingkat kota atau TPI (C). Kewenangan TPI apabila mengetahui kecurangan, ia berhak bertindak saat itu juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: