Ir. Sumarto, MM : Masyarakat Ciwaluh Faktor Dominan Pembangunan TNGGP

Keberadaan kampung Ciwaluh yang ada dikawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), direspon positif oleh Kepala Balai Besar TNGGP. Kampung Ciwaluh secara administratif masuk ke dalam kecamatan Cigombong kabupaten Bogor. Namun dilihat dari geografisnya kampung ini dilingkari Taman Nasional. Artinya lokasinya berada persis ditengah-tengah kawasan konservasi.

Hal ini terungkap dari pernyataan Ir. Sumarto, MM, kepala Balai Besar TNGGP saat meresmikan Mikrohidro Ciwaluh beberapa waktu lalu (5/3). Menurutnya masyarakat merupakan faktor dominan pemanfaatan sumberdaya alam TNGGP. Keberadaan Ciwaluh yang ada ditengah-tengah Taman Nasional bisa menjadi indikator perkembangan Taman Nasional. Masyarakat Ciwaluh maju maka pembangunan TNGGP bisa berjalan baik, masyarakat mandiri dan konservasi terjaga. Sumarto mencontokan, saat ini masyarakat Ciwaluh sudah melakukan pertanian organik, memanfaatkan sumberdaya alam untuk teknologi mikrohidro dan pengelolan ekowisata. Ekowisata yang berbasis konservasi dan pertanian organik.

Ia juga menengarai bahwa selama ini ketradisionalan masyarakat Ciwaluh dalam mengelola sumberdaya alam, telah menjamin kelestarian Taman Nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: