KPC Lakukan Upaya Lain Penyelamatan Ciliwung

Memperingati satu tahun kiprah KPC (Komunitas Peduli Ciliwung) membersihkan sungai Ciliwung dari sampah. Pada kamis (18/2) malam lalu komunitas ini menggelar acara ruwatan Ciliwung di hulu Ciliwung. Acara yang digelar di Telaga Warna Cisarua Bogor itu berupa doa untuk keselamatan dan mohon ijin kepada Allah SWT agar diijinkan untuk terus membersihkan sungai Ciliwung.

Menurut koordinator KPC, Hapsoro. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya KPC untuk menyadarkan orang, terutama warga Bogor. Agar bisa menjaga sumber daya air bersejarah yang ada di Bogor, dalam hal ini sungai Ciliwung. Dimana hal itu seharusnya menjadi kebanggaan warga Bogor. Sejauh ini KPC telah melakukan upaya fisik dengan cara mengambil sampah (mulung) di sungai Ciliwung. Hapsoro menambahkan, kegiatan pada kamis malam itu merupakan upaya lain untuk menyadarkan hati orang. Dengan cara mengucap syukur sekaligus berdoa semoga yang dilakukan KPC tetap tulus dan bisa mencapai harapan. Yaitu mengembalikan sungai Ciliwung menjadi bersih, indah dan bermanfaat bagi kepentingan manusia serta menjadi kebanggaan warga Bogor.

Setelah ritual, sebagaimana penuturan Cecep Thoriq dari DAMAS (Daya Masyarakat Sunda). Kegiatan KPC didukung sepenuhnya oleh ‘leluhur’ Pajajaran. Para ‘leluhur’ juga turut mendoakan kepada Allah SWT untuk keselamatan dan kesuksesan KPC menyelamatan Ciliwung. Menurut ‘leluhur’ sebagaimana dituturkan Cecep. Syaratnya hanya satu jangan pernah menjadi sombong (riya’) atas apa yang telah dilakukan KPC.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: