Longsoran Sawah TPA Galuga Menimbun Areal Sawah Masyarakat

Kejadian longsor sampah yang terjadi pada Jumat malam (19/02 ) lalu ini bukan yang terjadi pertama kali di TPA (tempat pembuangan sampah akhir) Galuga Kabupaten Bogor.

Kejadian yang diperkirakan terjadi malam hari ini meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi mengakibatkan rusaknya beberapa petak sawah warga. Akibat kejadian ini aliran air saluran air yang mengalir ke sungai Cisasak tersumbat. Sehingga mengakibatkan genangan pada sawah masyarakat yang berbatasan langsung dengan TPA Galuga.
Meskipun sebelumnya terdapat tembok pembatas antara wilayah TPA Galuga dan areal persawahan warga, tetapi tembok pembatas itu tertimbun longsoran tanah bercampur sampah hingga tidak terlihat sisa reruntuhan temboknya.
Akibat kejadian ini beberapa petak sawah sampah yang mengalami kelongsoran telah didata oleh pihak kelurahan setempat bersama petugas pengelola TPA Galuga. Masyarakat penggarap sawah yang terkena longsoran sampah tersebut mengalami kerugian, karena baru dua minggu mereka tanami, kemarin Sabtu (20/02) kondisi sawah mereka telah tertimbun tumpukan longsoran sampah. Kejadian seperti ini menurut informasi warga pernah terjadi sekitar 10 tahun yang lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: