Peringatan Kelahiran Pan Kho

Mamasuki salah satu ritual Imlek, Ratusan orang pada kamis (18/2) malam lalu melaksanakan kegiatan sembahyang Pan Kho di Vihara Mahabrahma. Vihara Mahabrahma atau yang dikenal Klenteng Pan Kho (Pan Kho Bio), berlokasi di Pulo Geulis kelurahan Babakan Pasar, kecamatan Bogor Tengah, kota Bogor. Sembahyang yang dipimpin oleh anggota sangha itu ditujukan untuk memperingati malam Sie Jit Kongco Pan Kho. Sembahyang tersebut merupakan ritual malam Cia Gwee Ce Lak.

Menurut Chandra Kusuma, salah satu panitia kegiatan. Sembahyang pada malam itu merupakan peringatan Kongco Pan Kho. Yang mana Sie Jit-nya (ulang tahun) jatuh pada Jum’at besok (19/2). Kegiatan malam itu dilakukan dengan membacakan sutra-sutra suci, sebagai ungkapan rasa syukur karena masih dalam rangka menyambut tahun baru Imlek. Acara malam itu juga merupakan sarana berkumpulnya umat Budha, Taoisme dan Konghucu dari sekitar Bogor.

David Kwa, pengamat budaya tionghoa yang juga warga Baranangsiang Bogor menuturkan. Peringatan ini secara tradisional merupakan perhitungan bahwa dalam satu tahun ada satu hari yang ditetapkan sebagai peringatan kelahiran. Secara konvensional Pan Kho itu lahir pada bulan 1 tanggal 6 Imlek.

Pan Kho dalam kepercayaan masyarakat tionghoa merupakan manusia pertama di dunia. Dalam cerita legendanya, Pan Kho adalah orang yang menambal langit, konon saat Pan Kho terlahir didunia langit masih bolong. Saat Pan Kho meninggal anggota tubuhnya menjadi sungai, batu dan aneka isi permukaan bumi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: