Pelestarian Benda Cagar Budaya Melalui City Tour

Bogor (7/01/10)
Sebanyak 19 peserta anak-anak dan 10 orang pedamping yang sekaligus merupakan pendamping dari “Unite “ dan “Kampoeng Bogor” menggelar kegiatan “City Tour” dengan tema “groote postweg” (jalan raya pos Deandles) pada Selasa (05/01) dengan mengunjungi beberapa bangunan bersejarah di sepanjang jalan raya pos di kota Bogor yang didirikan atas inisiatif gubernur jenderal Herman Willem Daendels yang menjabat pada tahun 1808-1811.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran dan pengetahuan sejak dini pada anak-anak akan sejarah kota Bogor. Diharapkan dari kegiatan ini dapat menumbuhkan kebanggan dan semangat pelestarian benda peninggalan cagar budaya terutama kelestarian bangunan-bangunan tua yang juga merupakan simbol keunikan kota Bogor.

Beberapa bersejarah Bogor yang saat ini difungsikan kantor pemerintahan di kota Bogor seperti Balaikota Bogor, Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah, kemudian museum PETA, Istana Bogor, gereja Zebaoth, kantor Pos hingga museum Zoologi. Yang menjadi unik dari kegiatan ini selain diperkenalkan sejarah dan fungsi bangunan tersebut dari masa ke masa peserta menggunakan kendaraan delman untuk mengunjungi bangunan-bangunan yang dibangun di sepanjang jalan raya Deandels di kota Bogor tersebut.

Tampak anak – anak yang berasal dari kota Bogor tersebut sangat menikmati kegiatan tur kota tersebut dengan mengunjungi bangunan tua yang merupakan benda bersejarah tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: