Motor Sehat Lebaran Mantab

Mudik dan Lebaran akan terasa asyik jika segala sesuatunya dipersiapkan dengan matang. Bagi yang akan mudik dengan kendaraan sendiri, khususnya sepeda motor berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips ini dipersiapkan untuk meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi saat perjalanan mudik atau bersilaturahmi. Cara paling mudah dan praktis dilakukan adalah pergi ke bengkel untuk melakukan servis pengecekkan spare part kendaraan. Periksa kondisi ban, kampas rem, kampas kopling dan oli. Pastikan apakah masih layak atau tidak, masih bisa digunakan atau sudah harus diganti.Untuk yang rutin melakukan servis ringan sebelumnya tentu tidak akan ada masalah berarti. Selain pergi ke bengkel, kita juga bisa melakukan pengecekan sendiri. Syaratnya asal memiliki peralatan memadai, maka kita bisa ikuti langkah-langkah aman sebagai berikut.

Untuk kondisi ban, cek kondisi tekanan angin agar laju kendaraan stabil. Kemudian cek juga kondisi rantai, jika stelannya sudah tidak bisa digunakan sebaiknya diganti. Periksa kampas rem bisa dengan melihat jarak stelan, jika melebihi batas berarti sudah aus, perlu diganti. Cek dan bersihkan karburator melalui stelan. Untuk oli sebaiknya lakukan penggantian jika kekentalannya sudah tidak terlihat lagi.
Pastikan juga kondisi busi, pengapiannya masih bagus apa tidak.

Kondisi motor perlu penggantian atau tidak sebenarnya dipengaruhi beberapa faktor. Usia kendaraan dan kondisi mesin. Untuk itu langkah paling bijak adalah melakukan servis dan pengecekan rutin, agar saat dibutuhkan tidak memakan biaya banyak untuk penggantian komponen kendaraan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: