Dukungan Untuk Bersih Ciliwung

Setelah ratusan warga Bogor sukses melakukan aksi pembersihan Sungai Ciliwung memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-64. Jum’at (21/8) giliran Wakil Walikota Bogor Achmad Ru’yat menyerahkan piala Walikota Bogor dan hadiah kepada kelurahan yang paling banyak mengumpulkan sampah Ciliwung. Penyerahan Piala dan hadiah uang merupakan penutupan aksi mulung sampah yang dikemas kompetisi antar kelurahan. Penyerahan dilakukan di tepian sungai Ciliwung dekat lapangan volley RW 06 (Jembatan Harupat) kelurahan Sempur Bogor Tengah.

Hadirnya Wakil Walikota dalam acara ini menunjukkan niat baik Pemkot Bogor untuk mendukung kepedulian warga dalam menjaga kebersihan Sungai Ciliwung. Menurut Een Irawan Putra koodinator Kompetisi Bersih Ciliwung, kegiatan ini diupayakan untuk mengubah cara pandang tentang Ciliwung yang selama ini terkesan jorok.

Setelah melalui penilaian oleh panitia, akhirnya Kelurahan Sempur dinyatakan sebagai juara pertama dalam Kompetisi Bersih Ciliwung ini. Juara ke dua dan ketiga diraih kelurahan Kedung Badak dan Kedunghalang. Penilaian dalam kompetisi ini dilakukan dengan tiga kriteria, yaitu jumlah karung sampah berukuran 25 kg yang dikumpulkan, keterwakilan warga di setiap kelurahan (RT), dan dukungan dari warga masyarakat di setiap kelurahan (moril dan materiil) serta kreatifitas warga. Kemenangan ini disambut gembira oleh warga Sempur tak terkecuali Lurah Sempur, Hj. Yeti Sumiati. Dengan kemenangan ini pihaknya akan semakin menggiatkan warga untuk melakukan kegiatan bersih Ciliwung.

KPC selaku penyelenggara berharap kompetisi ini dapat mengawali keseriusan upaya pemerintah dan seluruh warga Bogor untuk membersihan sungai-sungai yang melintasi kota Bogor. Rutinitas bersih sungai diharapkan dapat dilakukan di setiap kelurahan.

Wakil Walikota Achmad Ru’yat dalam keterangannya menyatakan mendukung aksi sosial seperti ini. Ru’yat juga mengaharapkan agar lebih banyak lagi pihak-pihak yang diajak untuk mendukung kegiatan ini, misalnya sponsor, lembaga dan lainnya. Ernan Rustiadi yang turut hadir dalam kesempatan tersebut membenarkan pola pembuangan sampah ke sungai, sejak dari kawasan Puncak hingga ke teluk Jakarta.

Menanggapi kemenangan ini beberapa warga memiliki komentar beragam, namun yang pasti harapan Ciliwung bersih senantiasa membersit dalam benak mereka. Selain pemberian hadiah pemenang, beberapa warga yang menjadi tokoh penggerak peduli Ciliwung juga mendapat penghargaan yang disampaikan kepala dinas Cipta Karya kota Bogor, Indra M Roesli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: