Napi Paledang 3X Lipat dari Kapasitas Lapas


Lembaga Pemasyarakatan Klas II Paledang Bogor memiliki penghuni 3 kali lipat dari kapasitas yang seharusnya. Menurut keteranga Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II Paledang Bogor Suwarso, saat ini kapasitas Lapas Paledang adalah 500 orang. Namun kini Lapas tersebut dihuni 1.655 orang. Jumlah tersebut merupakan total dari 988 narapidana dan 677 tahanan lainnya. Lapas Paledang merupakan Lapas yang diakses tidak saja dari kota Bogor saja. Melainkan dari kabupaten Bogor, Depok, dan Sukabumi.

Pernyataan tersebut diungkapkan dalam acara pemberian remisi kepada 763 narapidana di Lapas Paledang Bogor. Dalam uraiannya di hadapan Wakil Walikota Bogor Ahmad Ru’yat, Suwarso mengharapkan adanya penambahan kapasitas di Lapas Paledang. Pihaknya memikirkan upaya adanya lahan untuk membangun Lapas yang baru. Sementara itu Ahmad Ru’yat mengharapkan Depok dan Kabupaten Bogor segera miliki Lapas yang lebih representatif agar bisa mengurangi beban kapasitas di Lapas Paledang.

Disinggung mengenai rencana pengadaan lahan untuk Lapas baru, pihaknya melihat ditempat lain yang biasanya mendapat hibah dari pemerintah daerah. Untuk itu Kalapas mencoba mendorong dan merintis adanya lahan tersebut.

Akibat beban kapasitas yang cukup besar ini banyak narapidana yang mengalami sakit. Rata-rata sakit yang diderita adalah Ispa, Hepatitis, dan lainnya. Sejak Januari hingga Agustus 2009 tercatat 9 orang meninggal akibat sakit.

Saat ini Lapas Paledang memiliki beragam kegiatan produktif untuk memberdayakan warga binaannya. Berbagai kerajinan seperti tas, handy craft dan lainnya sudah mulai diproduksi di tempat ini. Termasuk usaha cuci motor dan mobil untuk umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: