Pawai Obor Detik-Detik Proklamasi

Sekitar 5000 personil yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Sipil, dan pelajar tumpah ruah di sepanjang jalan Juanda (Balaikota) hingga jalan Sudirman (Air Mancur), untuk menggelar aksi pawai obor. Aksi yang dilakukan pada minggu malam (16/8) lalu itu merupakan bagian dari peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 64.

Aksi pawai dimulai dengan upacara Taptu di Jalan Ir. H. Juanda depan Balaikota Bogor dengan Inspektur upacara Kapolresta AKBP Sufyan Sarif. Dalam upacara tersebut juga ditandai dengan penyulutan obor kepada 4 orang perwakilan yaitu dari TNI Angkatan Darat Kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja. Setelah seluruh obor dinyalakan, peserta diberangkatkan untuk long march. Melintasi jalan Protokol di kota Bogor.

Pawai obor ini diharapkan bisa menumbuhkan jiwa patriotisme terhadap generasi muda. Karena secara tidak langsung bermakna mengajak generasi muda untuk melihat sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Bagaimana pejuang-pejuang kita terdahulu susah payah merebut kemerdekaan.

Tampak hadir dalam upacara Taptu Walikota H. Diani Budiarto, dan Wakilnya Achmad Ru’yat Ketua DPRD H. Tb Tatang Muchtar, dan jajaran Muspida Kota Bogor, serta sejumlah pejabat Sipil, TNI, dan Polri di Kota Bogor.

Peserta pawai yang terdiri dari pasukan TNI, Polri, Korpri, Organisasi Pemuda, pramuka PMR (Palang Merah Remaja), para pelajar dan anggota pramuka dari berbagai sekolah di Kota Bogor, mendapat sambutan hangat dari warga. Mereka menyaksikan dipinggir-pinggir jalan yang dilewati, mulai dari jam 19.00 saat start di Jalan Ir. H. Juanda hingga selesai finish di Balaikota pukul 21.00.

Rute yang dilewati adalah Jalan Ir. H. Juanda (depan Balaikota), Jalan Sudirman, Jalan Pemuda, Jalan Dadali kembali berputar melewati Jalan A.Yani, Jalan Sudirman dan Finish di Jalan Ir. H. Juanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: