Istrenan Perkumpulan Keluarga Besar Wargi Bogor

Sabtu (8/8) beberapa tokoh warga Bogor tampak terlihat berkumpul di Bukit Gumati Batutulis. Kehadiran mereka adalah untuk menyaksikan istrenan pengurus PKBWB (Perkumpulan Keluarga Besar Wargi Bogor) baru masa periode 2009-2012. PKBWB merupakan organisasi berbasis kekeluargaan sunda yang berdiri sejak 1974. Dalam kegiatannya PKBWB lebih sering bergerak di bidang sosial, dan selalu berupaya untuk menjaga nilai-nilai ke Bogor-an. Terpilih sosok Mulyatma Supardi atau yang dikenal akrab dengan nama kang Yayat sebagai ketua baru menggantikan Asep Thoyib. Pelantikan tersebut ditandai dengan acara adat sunda dan ramah tamah antar sesama anggota perkumpulan.

Pentingnya memupuk rasa persaudaraan melalui sebuah ikatan, diyakini mampu membawa dampak kepada terciptanya lingkungan yang harmonis dan kondusif. Ikatan akan membawa nilai-nilai tersendiri yang harus dijaga. Makna inilah yang mendasari berdirinya berbagai kelompok kerukunan atau forum silaturahmi. Salah satunya adalah Perkumpulan Keluarga Besar Wargi Bogor (PKBWB).

PKBWB berdiri sejak 1974. Perkumpulan ini didirikan dengan latar belakang persaudaraan sebagai sesama orang sunda. Pengertian orang sunda ini tidak hanya berada di Bogor atau di Jawa Barat saja, tetapi juga ada didaerah lain hingga ke manca negara. Selain itu dikatakan Entus Kusumamiharja selaku ketua badan musyawarah PKBWB. Perkumpulan ini didirikan dengan niat untuk memberikan sumbangsih pada kota Bogor. Tak heran jika perkumpulan ini banyak beranggotakan para sesepuh dan tokoh masyarakat, mantan pejabat di Bogor dan tempat lainnya. Kini dengan anggota mencapai 15.000 orang, PKBWB kedepan diharapkan mampu berperan aktif menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya sunda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: